Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3)

Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3) - Ok kita lanjutkan pembahasan tentang sejarah Sunan Giri, bagi anda yang belum membaca seri sebelumnya Anda bisa lihat DISINI, di seri sebelumnya saya sudah menceritakan tentang asal muasal Sunan Giri sejak kecil, sampai Sunan Giri menikahi dua wanita dalam satu hari.
Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3)
Gambar Sunan Giri

Bagi anda yang sudah membaca part 1 dan part 2, sudah pasti anda akan paham dengan alur cerita di part 3, sebelum Anda membaca part 3 saya sarankan Anda untuk membaca part 1 dan 2 terlebih dahulu.

Baiklah kita akan melanjutkan sejarah Sunan Giri Part 3.

10. Tembang Lagu Ciptaan Sunan Giri

Dalam mengenalkan dan menyebar luaskan ilmu agama Islam kepada masyarakat, Sunan Giri juga membuat tembang lagu yang bermakna arti kehidupan, menjelaskan indahnya islam lewat lagu, indahnya hidup rukun dan beragama, dan selalu mengingatkan kita untuk selalu bersyukur.

Dari berbagai sumber yang kami dapat, cukup banyak lagu ciptaan Sunan Giri yang tercatat sejarah, lagu-lagu itu masih di kenal oleh masyarakat Jawa, masyarakat yang masih mengenal adat Jawa, dari beberapa lagu yang tercatat sejarah lagu itu berjudul antara lain adalah : Asmaradana, Pucung, Jamuran, Cublak-cublak Suweng, Delika dan Jithunagn.

Lagu yang sangat populer pada masa itu adalah lagu cublak-cublak Suwong, karena nada lagunya yang indah jika di nyanyikan oleh Sunan Giri sangat merdu, kami kurang hafal lirik lagunya namun kami hanya memahami pesan dan isi dari lagu cublak-cublak suweng.

Pesan dan isi dari lagu cublak-cublak suweng adalah : "jangan pernah mencari kebahagian dengan nafsu atau ego, kebahagiaan yang kita cari ada dalam diri kita sendiri, membuka hati untuk tujuan kebahagiaan, untuk tidak tersesat bukalah hati dan ambillah jalan yang lurus, agar menyelamatkan kita di dunia dan akhirat, jangan seperti orang bodoh yang mendapat semuanya namun tidak bahagia (koruptor)". Kurang lebih seperti itu pesan dan isi dari lagu cublak-cublak suweng.

11. Sunan Giri Menyandang nama Prabu Satmata

Dari salah satu dari berbagai banyak sumber yang kami dapat, ada yang menceritakan bahwa Sunan Giri pernah memimpin kerajaan Giri pada saat beliau menjadi pemimpin, nama beliau di kenal dengan Prabu Satmata, selama kerajaan Giri di bawah kepemimpinan Prabu Satmata, kerajaan itu berkembang sangat pesat. kesempatan Sunan Giri saat menjadi pemimpin tidak di sia-siakan.
Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3)
Ilustrasi Gambar Kerajaan Giri

Beliau memimpin kerajaan dengan sampil menyebarkan dan mengenalkan ajaran agama islam kepada masyarakat. masyarakat kerajaan sangat mengaguminya tak sedikit orang yang menjadi pengikut beliau dan belajar agama islam lewat beliau. konon ada yang bilang pada saat kerajaan di pimpin Prabu satmata, kerajaan itu berkembang luas wilayahnya dan hampir semua masyarakat di kerajaan tersebut memeluk agama islam.


12. Wafat nya Sunan Giri

Setelah kami mencari tau cukup lama kesana-kemari dan bertanya kapan Sunan Giri wafat..? apa penyebab Sunan Giri Wafat..? dimana Sunan Giri Wafat..? di mana makam Sunan Giri..? Akhirnya kami menemukan jawabanya. namun hanya tahun wafat nya saja, tanggal dan bulannya tidak jelas.

Sunan Giri Wafat pada tahun 1506 M, perjuangan beliau semasa hidupnya untuk memperbanyak pemeluk agama islam masih di lanjutkan oleh : Sunan Dalem, Sunan Giri Prapen, Sunan Sedomargi, Sunan Kawis Guwa, Panembahan Mas Wirata Sideng Rana, Panembahan Ageng Giri, Pangeran Singonegoro, dan pangeran Singosari

13.Alamat Makam Keramat Sunan Giri

Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3)
Foto Makam Sunan Giri

Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3)
Foto Makam Sunan Giri

Setelah beliau wafat, beliau di makamkan di desa Giri, alamat lengkapnya berada di : Jalan Sunan Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik Jawa Timur, Makam beliau sangat ramai di kunjungi para peziarah, terutama di hari libur akhir pekan, libur bulan puasa dan hari libur lainya, tidak hanya dalam kota, dari luar kota pun banyak para peziarah yang berbondong-bondong datang sekedar untuk berkunjung maupun untuk berdoa.

Itulah tadi ulasan dari sejarah dan alamat makam Sunan Giri, karena Kisah hidup Sunan Giri sangat panjang kami membagi artikelnya menjadi tiga bagian yaitu Part1, Part2 dan Part3 usai sudah perjumpaan kita dari artikel Sejarah Sunan Giri, bila ada kesalaan dalam penulisan nama, tempat ataupun kejadian kami mohon maaf dan jika salah satu dari Anda menyukai artikel ini silakan share ke teman-teman Anda. akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di pertemuan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alamat Makam Keramat Sunan Giri (Sejarah Sunan Giri Part 3)"

Post a Comment