Cerita Sangkuriang Singkat Asli

Cerita Sangkuriang Singkat Asli - Apa kabar sobat pembaca makampetilasankeramat.blogspot.com semoga kabar Anda hari ini dalam keadaan sehat selalu, setelah saya menulis dua artikel hoak sebelumnya, rasanya saya ingin menulis artikel yang asli, artikel yang akan saya tulis ini bersumber asli dari kisah nyata.

Bagi kalian terutama penduduk asli pribumi Indonesia, tentunya kalian sangat tidak asing lagi dengan nama sangkuriang, banyak yang mengatakan jika kisah sangkuriang adalah kisah cerpen karangan manusia, namun siapa sangka kisah sangkuriang ini ternyata ada dan benar-benar nyata.

ok gak usah banyak cingcong, langsung aja, kisah ini berawal dari dayang sumbi, ia adalah seorang wanita yang sangat menginginkan anak, sudah cukup lama ia menginginkan anak namun tak kunjung dapat juga.

Namun singkat cerita, Dayang Sumbi di karuniai anak laki-laki bernama sangkuriang, ia adalah anak yang gagah dan perkasa, Sangkuriang adalah hasil hubungan dayang sumbi dengan seekor anjing, yang konon anjing itu adalah titisan Dewa, namun ada juga yang mengatakan kalau anjing itu adalah Anjing Siluman.

Pada suatu hari sangkuriang pergi berburu untuk mencari makan, ia berangkat berburu dengan seekor anjing yang tidak lain adalah ayahnya sendiri, di tengah hutan, sangkuriang bertemu hewan rusa, mengingat ibunya yang sangat suka makan hati rusa, sangkuriang segera berlari mengejarnya, dan menyuruh sang anjing untuk mengikuti jejaknya.

Perburuan di hari itu sangat menegangkan, namun al hasil si anjing kehilangan jejak rusa, dan seketika itu sangkuriang marah, tanpa berfikir panjang, sangkuriang segera menghabisi anjing trsbt dan mengambil hatinya untuk di bawa pulang.

Sesampainya di rumah, sangkuriang memberikan hati hasil buruannya dan segera sang ibu dayang sumbi memasaknya, dengan perasaan senang sangkuriang duduk menunggu masakan sang ibu, sesudahnya masakan itu matang, segera di sajikan untuk di makan berdua, namun dayang sumbi teringat dengan anjing yang ikut sangkuriang berburu, dan menanyakan kepada sangkurang,

Menderngar pertanyaan dari ibunya, sangkuriang sangat ketakutan dan merasa bersalah, dengan rasa takut yang menyelimuti, sangkuriang memberanikan diri untuk menjawab, bahwa hati yang di masak ibunya adalah hati sang anjing tersebut,

Mendengar jawaban sangkurang, dayang sumbi murka dan tanpa berfikir panjang dia memukul kepala sangkuriang dengan sendok makan yang ada di depannya, dan mengusir sangkuriang dari rumah, dayang sumbi setiap hari menangis, dan ia memutuskan untuk bertapa dengan tujuan untuk menebus kesalahanya.

Setelah cukup lama bertapa, dayang sumbi di beri kelebihan dengan wujud cantik dan tidak pernah tua.

Sudah sangat lama dayang sumbi dan sangkuriang berpisah, hingga sangkuriang dewasa, namun di lain waktu sangkuriang bertemu dengan dayang sumbi, karena dayang sumbi sangat cantik sampai-sampai sangkuriang tidak menganali bahwa dia ibunya, dan sangkuriang pun jatuh cinta kepada dayang sumbi.

Namun pada saat mereka berduaan, tidak sengaja dayang sumbi melihat kepala sangkuriang dengan bekas luka yang membekas, ia teringat dengan anaknya, dan bertanya, bekas luka apa itu yang ada di kepala, sangkuriang menjawab, dulu waktu kecil dia mengaku pernah di pukul ibunya dengan keras sehingga membekas.

Mendengar jawaban sangkuriang, dayang sumbi tidak mau menikah dengan sangkuriang karena dia tau bahwa laki-laki yang sedang bersamanya sekarang itu adalah anaknya, namun sangkuriang tidak mau berpisah dengan dayang sumbi, ia bersikeras untuk menikahinya, mendengar niat sangkuriang yang tidak bisa di bantah, ia meminta syarat untuk di buatkan prahu dalam satu malam, dan sangkuriang pun menyanggupi permintaan dayang sumbi.

Dalam pembuatan perahu, sangkuriang di bantu oleh jin-jin pengikutnya, seperti janji sangkuriang sebelumnya dia akan membuat perahu dalam waktu semalam.

Di sisi lain dayang sumbi mulai cemas karena perahu yang di buat sangkuriang hampir selesai, dan segeralah dayang sumbi meminta bantuan dewa untuk membuat ayam berkelorok lebih awal, seketika itu juga jin-jin pengikut sangkuriang pergi meninggalkan sangkuriang sendirian.

Karena kapal yang di buat sangkuriang belum jadi yang ia sudah di tinggalkan jin-jin pengikurnya, sangkuriang marah dan menendang prahu tersebut dan menjadi gunung tanggupan, sangkuriang meninggal dan jasatnya hanjut dalam sungai.

Begitulah Cerita singkat sangkuriang yang asli, jika anda ingin membaca artikel lainnya klik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita Sangkuriang Singkat Asli"

Post a Comment